MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS

Abstract

Penelitian tentang mengefektifkan pembelajaran guru melalui Supervisi klinis untuk meningkatkan kualitas. pembelajaran guru di SD Negeri 0147 Candirejo Kecamaran Pasir Penyu Tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kualitas pembelajaran guru dengan mengefektifkan supervisi kelas berbasis klinis di SD Negeri 017 Candirejo. (2) Mengetahui hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi kelas berbasis klinis dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran guru di SD Negeri 017 Candirejo.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan sekolah dengan 2 siklus Masing-masing siklus terdiri dari tahapanperencanaan pelaksanaan tindakan (pra Observasi), observasi pembelajaran dan refleksi.Subyek penelitian ini adalah 3 orang guru diSD Negeri 017 Candirejo yaitu Guru Kelas IV-VI. Instrumen penelitian yang digunakan adalah PelaksanaanPembelajaran InstrumenSupervisiKlinis. Lembar penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) SupervisiKelas berbasis klinis dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Guru SD Negeri 017 Candirejo. Pada hasil penilaian rencana pelaksanaan Pembelajaran rata-rata 2.33 pada Siklus I dan 3,4 pada siklus II, dan hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran nilai rata-rata 2-98 pada siklus I dan 3,49 pada siklus II. (2) Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi kelas berbasis klinis adalah tidak semua guru siap untuk disupervisi klinis.