PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI KEMAHIRAN MEMBACA BAHASA JERMAN

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman selama mengajar di SMA N 1 Pasir Penyu ditemukan fakta bahwa masih banyak siswa yang belum mampu memahami dan menyelesaikan soal – soal yang berkaitan dengan bacaan. Kondisi inilah yang melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran yang mendorong siswa untuk dapat berpikir aktif dan bekerja sama dengan temannya.Siswa terkesan diam dan kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Jermanmelalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipeCooperative Script dalam pelajaran Bahasa Jerman,Penelitian inibertujuan untukmeningkatkan hasil belajar Kompetensi Kemahiran Membacamelalui pembelajarankooperatiftipe Cooperative Scriptdalam pelajaran Bahasa Jerman kelas XI SMA Negeri 1 Pasir Penyu. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah 28 siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Pasir Penyu. Adapun data dikumpulkan dengan metode tes hasil belajar siswa. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif.Sebelum penelitian hanya 15 siswa( 53,57 % ) dari 28 siswa yang dapat mencapai nilai tuntas . Hasil penelitian pada siklus Imenunjukkan21 siswa ( 75 %)yang berhasil mencapai ketuntasan .Terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 21,43 % . Pada siklus II 25 siswa ( 89,28 % ) mencapai nilai tuntas . Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,28 % .Berdasarkan hasil penelitian inidapat disimpulkan bahwa modelpembelajaran tipe Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Jerman.   Kata kunci: , ,