PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.2Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 orang. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah kuis dan tes hasil belajar yang diberikan pada siswa tiap siklusnya. Dalam mengolah data digunakan teknik analisis deskriptif sederhana untuk mengambarkan peningkatan hasil belajar siswa tiap siklusnya dan untuk melihat peningkatan kategori kelompok setiap siklusnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari tiap siklus. Pada siklus 1 ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,5%, ketuntasan belajar klasikal pada siklus 2 adalah 78,13%, dan ketuntasan belajar klasikal pada siklus 3 sebesar 87,5%. Sementara untuk kategori kelompok pada siklus 1, Good Team 3 kelompok, Great Team 5 kelompok, pada siklus 2, Good Team 3 kelompok, Great Team 5 kelompok dan pada siklus 3, Good Team 1 kelompok, Gerat Team 4 kelompok, Super Team 3 kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.