PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN IPS

Abstract

Masalah yang sering dihadapisebagian besar peserta didik kesulitan memahami konsep termasuk pada perkembangansistem administrasi wilayah Indonesia, terutama tentang kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga dan mengidentifikasibenua-benua. Sehinggaitu pada awal semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dijumpai peserta prestasi belajarnya rendah dengan ketuntasan klasikal pada Ulangan Harian sebelumnya hanya 32,35 %. Upaya yang dilakukan peneliti selama ini dengan menggunakan media dan metode yang bervariasi dan remidi bagi yang belum tuntas.Namun upaya yang telah dilakukan belum maksimal, oleh karena itu perlu upaya lain. Upaya lain yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada Materi keadaan sosial negara-negara tetangga dan mengidentifikasibenua-benua, melalui perbaikan kualitas proses pembelajaran dengan menggunakan model TTW.Penelitian dilakukan selama 2 siklus, melibatkan 34 peserta didik kelas VI SD Negeri 13 Bengkalis. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah 85% peserta didik tuntas mencapai nilai KKM 72. Data diperoleh melalui tes sebagai data utama, observasi serta penyebaran angket di akhir siklus sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa tingkat keberhasilan yang sangat signifikan, yaitu 96,3% peserta didik tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 72 terjadi peningkatan sebesar 63,95 % yaitu dari 32,35 % pada siklus I menjadi 96,3 %pada siklus II.Demikain pula dengan peningkatan aktivitasbelajar siswa, Pada pertemuan 1 siklus 1 diperoleh 59,7 %sedangkan pada siklus 1 pertemuan 2diperoleh 80 % sehinggaterdapat peningkatan sebesar 20, 3 % . Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 1 diperoleh 85,6 % dan siklus 2 pertemuan 2 diperoleh 94,2 % sehingga terdapat peningkatan sebesar 8,6% . Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model TTWmampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal disarankan untuk lebih menyempurnakan metode yang digunakan dan guru menggunakan model TTW pada mata pelajaran IPS.