PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII5 SMP Negeri 6 Siak Hulu pada pelajaran matematika. Langkah-langkah dalam menyelesaikan pemecahan masalah menurut Polya (dalam Simanungkalit, 2016) yaitu: memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali hasil penyelesaian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah  matematis siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dari wawancara dengan guru bidang studi dan literasi beberapa jurnal yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis serta tes tertulis untuk memperoleh data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh informasi bahwa siswa yang berkemampuan tinggi berada pada kategori cukup (61,11 %), siswa yang berkemampuan  sedang berada pada kategori kurang (42,78 %), dan siswa yang berkemampuan rendah berada pada kategori sangat kurang (24,44 %) dalam menyelesaiakan soal kemampuan pemecahan masalah matematis.