PERANAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MATERI STATISTIK PADA SMAN 1 TAPUNG

Abstract

. Kualitas belajar diperoleh dari proses belajar mengajar dan ada komunikasi antar guru dan siswa atau sebaliknya. Salah satu alat komunikasi pembelajaran dapat berupa pembelajaran berbasis-Blended Learning dan divalidasi sesuai dengan tujuan membuat terbentuknya komunikasi. Kualitas pembelajaran berbasis- Blended Leraning dalam pembelajaran ini siswa saling berinteraksi, berdiskusi, bertukar pendapat atau ide mengenai permasalahan tertentu yang dapat melatih kemampuan komunikasi matematisnya. Namun berdasarkan beberapa artikel penulis menemukan uji coba soal pemecahan masalah di kelas masih banyak siswa yang mengalami kesulitan saat pengungkapan simbol-simbol matematis. Blended learning berbasis pemecahan masalah dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa sehingga mereka mampu dalam menggunakan ide matematikanya, memahami dalam memecahkan masalah matematika yang dituangkan baik dalam lisan maupun tulisan.