ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK SMK PADA MATERI MATRIKS

Abstract

Kompetensi penting yang harus dimiliki setiap individu pada era globalisasi adalah berpikir kritis. Tuntutan berpikir kritis dalam dunia pendidikan tertuang dalam tujuan kurikulum 2013. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas XI-ADP SMKS Nurul Falah Pekanbaru pada materi matriks, Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei dari wawancara dengan guru bidang studi dan literasi beberapa jurnal yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis matematis serta tes tertulis untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Data dianalisis berdasarkan aspek kemampuan berpikir kritis yang telah ditetapkan oleh peneliti yang meliputi menginterprestasi, menganalisis, mengevaluasi, dan menginferensi. Hasil analisis data yaitu: (a) pada aspek menginterprestasi, sebanyak 52,77% peserta didik dapat menulis  yang diketahui maupun yang ditanyakan soal dengan tepat, (b) pada aspek menganalisis, sebanyak 41,66% peserta didik dapat mengidentifikasi hubungan-hubungan antara pernyataan pernyataan, pertanyaan pertanyaan, dan konsep-konsep yang diberikan dalam soal yang ditunjukkan dengan membuat model matematika dengan tepat dan memberi penjelasan dengan tepat, (c) pada aspek mengevaluasi sebanyak 30,55% peserta didik dapat menggunakan strategi yang tepat dalam menyelesaikan soal, lengkap dan benar dalam melakukan perhitungan, (d) pada aspek menginferensi sebanyak 19,44% peserta didik dapat membuat kesimpulan dengan tepat. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik masih rendah terutama pada indicator mengevaluasi dan menginferensi.