HUBUNGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan melihat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar belajar matematika Peserta didik. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah metode survei. Penelitian ini dilaksanakan di Pekanbaru pada semester Genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Peserta didik SMA Babussalam Pekanbaru kelas XI dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang Peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket . Sedangkan hasil belajar belajar matematika bersumber dari dokumen sekolah berupa nilai Penilaian Akhir Tahun (PAT) kelas XI pada semester genap. Teknik analisis data yang digunakan melalui statistik deskriptif, koefisien korelasi ganda, dan analisis regresi. Disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan Kemampuan Pemecahan Masalah terhadap Hasil belajar Belajar Matematika. Terdapat pengaruh yang signifikan Kemandirian Belajar terhadap Hasil belajar Belajar Matematika. terdapat pengaruh yang signifikan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil belajar Belajar Matematika.