PENGARUH SOFTWARE CABRI 3D V2 PLUS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan software Cabri 3D V2 Plus  terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA.  Ada dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran matematika menggunakan Cabri 3D dan kelas kontrol yang diterapkan konvensional atau metode ceramah. Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada aspek kemampuan pemecahan masalah menggunakan Cabri 3D mencapai KKM dan klasikal, rata-rata hasil belajar peserta didik pada aspek kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan Cabri 3D lebih baik terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik.