UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM READING COMPREHENSION PADA TEXT REPORT MELALUI PEDEKATAN SCIENTIFIC DI KELAS XI-MIA.5 SMAN 2 BANGKINANG KOTA TP 2016-2017

Abstract

Banyaknya jumlah jenis bacaan atau teks yang akan ditemukan dalam pembelajaran maka penulis memfokuskan pada satu teks yang akan penulis teliti yaitu : “ Reading Factual REPORT”. Penulis mengambil teks ini karena berdasarkan hasil test ulangan harian beberapa kelas di semester tahun sebelum penulisan penelitian ini ditemukan lebih dari 50 % siswa mendapat kan nilai di bawah standart KKM sekolah yaitu 70.  Oleh karena itu maka disini penulis mempunyai satu permasalahan terhadap Kompetensi Dasar (KD) dalam unit ini yaitu ( KD. 4.7 ) : Menanggap makna dalam taxt  ilmiah factual (factual report) lisan dan tulis, tentang orang, binantang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial , terkait dengan mata pelajaran lain di kelas XI. Penerapan pembelajran dengan Pendekatan Scientific  memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap  siklus, yaitu Siklus  I 64.52 % menjadi  83.87 %  pada Siklus  II. Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific  dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris .  Ini  ditunjukkan dengan  keaktifan siswa selama dalam prosese pembelajaran berlansung. Penggunaan media Laptop dan tayangan LCD memacu antusias siswa dalam berdiskusi ketikaka proses langkah  Mengamati, dan  Menanya.