UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM READING COMPREHENSION PADA TEXT REPORT MELALUI PEDEKATAN SCIENTIFIC DI KELAS XI-MIA.5 SMAN 2 BANGKINANG KOTA TP 2016-2017
Abstract
Banyaknya jumlah jenis bacaan atau teks yang akan ditemukan dalam pembelajaran maka penulis memfokuskan pada satu teks yang akan penulis teliti yaitu : “ Reading Factual REPORT”. Penulis mengambil teks ini karena berdasarkan hasil test ulangan harian beberapa kelas di semester tahun sebelum penulisan penelitian ini ditemukan lebih dari 50 % siswa mendapat kan nilai di bawah standart KKM sekolah yaitu 70. Oleh karena itu maka disini penulis mempunyai satu permasalahan terhadap Kompetensi Dasar (KD) dalam unit ini yaitu ( KD. 4.7 ) : Menanggap makna dalam taxt ilmiah factual (factual report) lisan dan tulis, tentang orang, binantang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial , terkait dengan mata pelajaran lain di kelas XI. Penerapan pembelajran dengan Pendekatan Scientific memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu Siklus I 64.52 % menjadi 83.87 % pada Siklus II. Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris . Ini ditunjukkan dengan keaktifan siswa selama dalam prosese pembelajaran berlansung. Penggunaan media Laptop dan tayangan LCD memacu antusias siswa dalam berdiskusi ketikaka proses langkah Mengamati, dan Menanya.