MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN KARTU PEMBELAJARAN KELAS XII IPS 5 SMA NEGERI 2 BANGKINANG KOTA TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah melalui Model Discovery Learning menggunakan Kartu Pembelajaran Bagi siswa Kelas II IPS 5 SMAN 2 Bangkinang Kota Tahun Pelajaran2015/2016. Penelitian ini bertujuan melihat Bagaimana Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning menggunakan kartu pembelajaran terhadap pemaham dan penguasaan ( Action Reseach ) sebanyak 2 puturan setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan atau pelaksanaan, pengamatan dan reflesi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 5 SMA Negeri Bangkinang kotaTahun Pelajaran 2015/2016. Data yang diperoleh berupa data hasil tes tertulis , dan hasil lembaran obser vasi kegiatan belajar mengajar guru dan siswa.Dari hasil analisis di dapatkanlah bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I di bandingkan dengan siklus I. Terlihat pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa hanya Mencapai ( 81.48 % ) naik menjadi ( 85.16 % ) pada siklus yang ke II, sehingga ketuntasan klasikal yang diharapkan 85 % pada siklus pertama tidak tercapai namun pada siklus ke II tercapai dengan baik. Begitu juga dengan hasil belajar pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 81.48 naik menjadi 84.81. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mode l Discovery Learning dengan kartu pembelajaran dapat berpengaruh posistip terhadap hasil beajar siswa XII IPS 5 SMA Negeri Bangkinang Kota tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : , , , Ketuntasan Belajar