MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN KARTU PEMBELAJARAN KELAS XII IPS 5 SMA NEGERI 2 BANGKINANG KOTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah melalui Model Discovery Learning menggunakan Kartu Pembelajaran Bagi siswa Kelas II IPS 5 SMAN 2 Bangkinang Kota  Tahun Pelajaran2015/2016. Penelitian ini  bertujuan melihat Bagaimana Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning  menggunakan kartu pembelajaran terhadap pemaham dan penguasaan  ( Action  Reseach ) sebanyak 2 puturan  setiap putaran  terdiri dari empat tahap yaitu :  rancangan,  kegiatan atau pelaksanaan,  pengamatan dan reflesi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 5 SMA Negeri Bangkinang kotaTahun Pelajaran 2015/2016.  Data yang diperoleh  berupa data hasil tes tertulis , dan hasil lembaran  obser vasi  kegiatan belajar mengajar  guru dan siswa.Dari hasil analisis di dapatkanlah bahwa  prestasi belajar siswa mengalami  peningkatan dari Siklus I di bandingkan dengan siklus I.  Terlihat pada siklus I  ketuntasan  hasil  belajar   siswa   hanya Mencapai ( 81.48 % ) naik menjadi  ( 85.16 % ) pada siklus yang ke II, sehingga ketuntasan klasikal yang diharapkan 85 % pada siklus pertama tidak tercapai namun pada siklus ke II tercapai dengan baik. Begitu juga dengan hasil belajar pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa  81.48 naik   menjadi   84.81. Kesimpulan dari  penelitian ini  adalah  mode l Discovery  Learning  dengan  kartu  pembelajaran  dapat berpengaruh posistip terhadap  hasil  beajar  siswa XII IPS 5  SMA  Negeri  Bangkinang  Kota  tahun pelajaran  2015/2016.   Kata Kunci : ,  ,  , Ketuntasan Belajar