PEMANFAATAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar (SD) masih menjadi momok bagi siswa, utamanya di kelas rendah. Hal ini dikarenakan guru belum memiliki metode yang tepat untuk digunakan di dalam kelas dan pembelajaran belum bersifat realistik dan hanya sekedar penyampaian saja. Salah satu solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan penerapan metode pembelajaran Picture and Picture adalah model pembelajaran dimana siswa dituntut lebih aktif, inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran yang mengandalkan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah pemanfaatan metode pembelajaran Picture and Picture untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas rendah. Menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Penelitian ini bertempat di SDI Insan Kamil Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Hasil penelitian menunjukkan Metode Pembelajaran Picture and Picture terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas rendah. Peran guru dalam menerapkan metode pembelajaran Picture and Picture menjadi kunci utama. Kata Kunci : , ,