PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SURFACE DALAM MENINGKATKAN PERSEPSI DAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA SMA

Abstract

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang mendukung kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Oleh karena itu pemahaman dan penguasaan konsep matematika pada siswa harus terus ditingkatkan. Kenyataan yang terjadi sebagian besar siswa tidak suka belajar matematika,persepsi mereka terhadap pelajaran matematika sangat buruk. Interaksi antar siswa masih sangat rendah sehingga penguasaan konsep-konsep matematika menjadi sangat lemah dan mengakibatkan siswa kurang berminat mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam meningkatkan persepsi siswa dan hasil belajarsiswa dalam proses belajar mengajar dengan Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Surfacepada kompetensi dasar Statistika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Research Classroom) yang dilaksanakan dengan delapan kali pertemuan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berhasilnya peneliti (guru) mengajar dalam pembelajaran konvensional. Pada pembelajaran konvensional-tradisional, yang dialami oleh peneliti justru kadang kala dapat merusak, persepsi dan hasil belajari siswa. Komunikasi antara guru dan siswa begitu juga antar sesama siswa juga terbatas karena terbatasnya kesempatan untuk berdiskusi. Untuk mengatasi masalah ini peneliti mencoba menggunakan pembelajaran dengan pendekatan surface. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan persepsi dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran matematika siswa kelas XI IPS-1SMAN 1 Pasir Penyu. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Pasir Penyupada siswa kelas XI IPS-1yang berjumlah 32 orang dari Bulan Agustussampai Oktober tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap pertemuan dilakukan tahapan (1) perencanaan; (2)tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa sebelum tindakan hingga setelah tindakan mengalami peningkatan. Dari hasil uji tanda diperoleh Z = 2,97 maka dari tabel distribusi normal diperoleh P = 0,0015 dengan α = 0,01 . Dari hasil analisis dapat dinyatakan bahwa P < (α = 0,01) berarti hipotesis (Ho) ditolak, jadi Hi diterima pada taraf kepercayaan 99% berarti terdapat peningkatan persepsi siswa terhadap matematika sesudah pembelajaran dengan pendekatan surface dikelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Pasir PenyuKabupaten Indragiri Hulu. Dari hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dimana sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata siswa hanya 67,1 dengan KKM 75, menjadi 72,8 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50% pada siklus pertama dan 82,5 dengan ketuntasan klasikal 91% pada akhir siklus ke dua   Kata kunci: , ,