PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT PADA SISWA SMP

Abstract

Tujuan penelitian ini memperbaiki proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat siswa. Instrumen pengumpulan data yang dipilih yakni cerita rakyat, lembar observasi, catatan lapangan serta hasil analisis belajar menyimak cerita rakyat.  Tahapan penelitian dilaksanakan empat langkah yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian berlangsung dua siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Peningkatan keterampilan menyimak cerita rakyat siswa dilihat dari jumlah siswa yang memperoleh nilai tinggi dan nilai rata-rata teshasil belajar tiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat siswa kelas VII.1 SMP Negeri 3 Pekanbaru. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) telah tercapai pada Siklus II, dengan nilai rata-rata 17,5 %pada siklusI  meningkat menjadi 90% pada siklus II. Peningkatan tersebut didukung oleh keberhasilan proses tindakan melalui pendekatan pembelajaran yang tepat, langkah-langkah pembelajaran yang sistematis.