IMPLEMENTASI TEKNIK PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS II SDN 006 SEKIP HULU RENGAT
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pembelajaran membaca puisi belum mendapatkan hasil yang optimal dalam pelaksanaan pembelajaran disekolah-sekolah. Hal ini juga terjadi di SDN 006 Sekip Hulu Rengat dalam.Melalui teknik pemodelan dalam pembelajaran diharapkan lebih mudah bagi guru dalam menyampaikan materi tentang puisi, sehingga memudahkan siswauntuk memahami dan terampil dalam membaca puisi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa metode pemodelan dalam pembelajaran membaca puisi dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas II SDN 006 Sekip Hulu Rengat,dilihat dari hasil observasi yang menunjukkan terjadinya perubahan aktivitas siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran membaca puisi pada siklus I diperoleh ratarata 2,82 dengan persentase 70% dan siklus II diperoleh rata-rata 3,28 dengan persentase 82%.Pada hasil keterampilan membaca puisi siswa pada siklus I, rata-rata nilai yang diperoleh oleh 82,61 sedangkan pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 85,87 dengan KKM 75.