UPAYA PENINGKATAN KUALITAS MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING KELAS XII LINTAS MINAT EKONOMI SEMESTER GANJIL DI SMA N 1 DUMAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2017 di SMAN 1 Dumai . Peneliti ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui minat  dan  hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran Student Facilitator And Explaining bagi siswa kelas XII pada mata pelajaran lintas minat ekonomi Semester Ganjil di SMAN 1  Dumai Tahun Pelajaran 2017/2018 adanya peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining sebagai alternatif dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi  siswa di kelas lainnya.