PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANGKINANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif dengan model think-pair-share dengan yang menerapkan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan model Think-Pair-Share di SMP Negeri 1 Bangkinang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Bangkinang dengan sampel siswa kelas VIII5 dan VIII6. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan model Think-Pair-Share dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari nilai t0 yang diperoleh yaitu 2,085 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1,99. Didukung juga oleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 66,375 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 53,875