PENGGUNAAN MEDIA CHARTA MODEL DAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IX-2 SMPN 3 PASIR PENYU TAHUN 2014/2015

Abstract

Media pelajaran jenisnya beragam yang masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, maka pemilihan media yang sesuai dengan topik atau pokok bahasan yang akan diajarkan harus betul-betul dipikirkan oleh guru yang akan menyampaikan materi pelajaran. Pada penilaian ini pokok bahasan yang akan diajarkan adalah Rangkaian Hambatan Listrik sehingga media yang dianggap cocok untuk membantu siswa memahami konsep itu adalah media charta, model dan LKS.Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah “Apakah pemanfaatan media charta, model dan LKS dapat meningkatkan pemahaman konsep-konsep IPA bagi siswa kelas IX,2 SMP Negeri 3 Pasir Penyu?. ”Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk meningkatkan pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan media charta, model dan LKS di kelas IX-2 SMP Negeri 3 Pasir Penyu. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IX,2 SMP Negeri 3 Pasir Penyu Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,00%), siklus II (76,00%), siklus III (88,00%). Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media charta, model dan LKS dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa Kelas IX,2 SMP Negeri 3 Pasir Penyu, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.