PENERAPAN KOOPERATIF (COOPERATIF LEARNING) MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SDN 002 SEKIP HULU RENGAT

Abstract

Jurnal ini merupakan proses perencanaan pembelajaran model Mind Mapping dalam meningkatkan aktifitas belajar pokok bahasan Sistem Pemerintahan Pusat siswa kelas IV SDN 002 Sekip Hulu Kecamatan Rengat. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif, desain yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa motode yaitu: observasi, dokumentasi dan metode wawancara. Adapun yang menjadi informan adalah guru pendidikan kewarganegaraan kelas IV dan siswa kelas IV di SDN 002 Sekip Hulu RengatKecamatan Rengat. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pembalajaran kooperatif (Coopertaif Learning) Model Mind Mapping untuk meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SDN 002 Sekip Hulu Rengat Kecamatan Rengat, meskipun belum mencapai 100%. Pada siklus I aktivitas belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model Mind Mapping mencapai 63% dan meningkat pada siklus II mencapai 87%.