PERBEDAAN KEMANDIRIAN ANAK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AREA DENGAN MODEL BERBASIS KLASIKAL DI USIA TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemandirian anak antara model pembelajaran berbasis area dengan model pembelajaran berbasis klasikal di usia Taman Kanak-kanak. Metode survey digunakan dalam penelitian ini, menggunakan skala kemandirian anak yang diisi oleh orangtua anak.Populasi penelitian ini 70 anak dengan pendidikan berbasis klasikal di PAUD Pratiwi Sukorejo, dan 67 anak denganpendidikan berbasis area di PAUD Ma’arif 01 Sukorejo.Pengambilan sampel tehnik Purporsive Non Random sampling.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t-antar kelompok. Hasil analisa data menunjukan ada perbedaan yang sangat signifikan rata-rata kemandirian anak antara model pembelajaran area dengan model pembelajaran klasikal (uji-t = 10,45844595 dengan t-tabel 1% = 2,660, t-hitung ≥ t-tabel 1%)