SINTESA PENDIDIKAN KARAKTER DAN MULTIKULTURAL BAGI LINGKUNGAN PENDIDIKAN TINGGI

Abstract

Kajian ini untuk menemukan sintesa antara pendidikan karakter dan pen-didikan multikultural bagi lingkungan pendidikan tinggi. Hasilnya adalah bagi pendidikan tinggi idealitasnya mewujudkan dan menguatkan kelembagaan mela-lui beragam aktifitas, diantaranya ada proses pengembangan seluruh potensi ma-nusia yang menghargai pluralitas dan heterogenitas sebagai konsekuensi keraga-man budaya, etnis, suku dan aliran (agama). Ada proses menghendaki penghor-matan dan penghargaan setinggi-tingginya terhadap harkat dan martabat manusia. Ada proses mengembangkan seluruh potensi manusia, yaitu pendidikan, intelek-tual, sosial, moral, religius, ekonomi, kesopanan, dan budaya. Ada proses mela-wan eksploitasi manusia atas manusia melalui transformasi nilai kehidupan sosial yang membawa manusia kepada koreksi dan rekonstruksi atas tatanan sosial yang tidak berkeadilan. Pendidikan tinggi harus mengarahkan manusia pada cara-cara yang egaliter dan bersahaja. Pendidikan tinggi harus mentransformasi cara pan-dang dari otoriter kepada kemanusiaan. Intinya semua proses transformasi itu ber-tujuan untuk mengeliminir manusia dari sistem yang tidak berperadaban dan tidak mencerahkan kehidupan dan kemanusiaan.