PENDEKATAN RANTAI MARKOV DALAM PEMILIHAN UNIVERSITAS DI PASURUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peluang besarnya perpindahan pemilihan minat siswa SLTA ke universitas di Pasuruan dengan menggunakan metode Rantai Markov berdasarkan data sampel terdiri dari 40 siswa-siswi hasil dari siswa kelas XII SMKN Rembang Pasuruan, SMKN Gempol, MAN Pasuruan, dan SMKN 1 Bangil terhadap pemilihan universitas di Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk peminat Universitas Yudharta Pasuruan adalah 60 %, peminat Universitas Merdeka Pasuruan adalah 40 %. Prediksi peminatan pada kondisi ekuilibrium adalah peminat UYP 57,5 %, peminat Universitas Merdeka Pasuruan adalah 42,5 %. Berdasarkan hasil analisis, pangsa pasar terbesar dimiliki oleh peminat Universitas Yudharta Pasuruan, yaitu sebesar 58,98 %.