PENGARUH ENTREPRENEURIAL ORIENTATION DAN MARKET ORIENTATION TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN PADA UKM DI KABUPATEN PASURUAN
Abstract
Perubahan dalam bidang ekonomi di Indonesia dirasa sangat signifikan. Realita bahwa kondisi ekonomi semakin tidak menentu dewasa ini bukan lagi menjadi hal yang mengejutkan. Adanya tingkat inflasi yang tinggi, terpuruknya nilai rupiah, gulung tikarnya pengusaha- pengusaha lokal merupakan indikator ketidakstabilan perekonomian Indonesia yang turut menyumbang terhadap tingginya tingkat pengangguran. Tingkat pengangguran yang tinggi ini dapat dikurangi dengan adanya keinginan untuk berwirausaha. Bermunculannya usaha baru secara berkelanjutan membuat persaingan semakin ketat. Sejalan dengan itu pula pemberlakuan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) sejak awal tahun 2016 ini juga menuntut para pelaku UMKM agar bisa bersaing dengan para pengusaha dari negara ASEAN lainnya. Oleh karena itu diperlukan strategi jitu untuk menjaga eksistensi UKM dan memenangkan persaingan serta memiliki keunggulan bersaing yang nantiny aakan berdampak pada kinerja perusahaan. Tujuan pada penelitian ini ada 5 yaitu: 1) mengetahui apakah Entrepreneurial Orientation berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing pada UKM di Kabupaten Pasuruan, 2) mengetahui apakah Market Orientation berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing pada UKM di Kabupaten Pasuruan, 3) mengetahui apakah Entrepreneurial Orientation berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM di Kabupaten Pasuruan, 4) mengetahui apakah Market Orientation berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM di Kabupaten Pasuruan, 5) mengetahui apakah Keunggulan Bersaing berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM di Kabupaten Pasuruan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatory. Metode pengambilan data dengan teknik survai. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah UKM di Kabupaten Pasuruan yang bergerak di bidang industri kreatif dengan jumlah sampel 70 dan teknik pengambilan sampelnya adalah sampling jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah Analsis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, orientasi pasar berngaruh terhadap orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dan orientasi pasar berpengaruh terhadap kinreja pemasaran.