PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PEMBIAYAAN DI BMT SAHARA TULUNGAGUNG

Abstract

Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) mengetahui pengaruh brand image terdiri dari citra produsen, citra konsumen dan citra produk terhadap keputusan nasabah dalam memilih pembiayaan di BMT Sahara Tulungagung dan (2) mengetahui variabel brand image berpengaruh paling dominan terhadap keputusan nasabah dalam memilih pembiayaan di BMT Sahara Tulungagung. Metode penelitian yang dipergunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksplanatory research, sebab bersifat kausalitas (sebab akibat) antar variabel dengan pembuktian uji hipotesis. Teknik sampling yang dipakai adalah purposive sampling yakni teknik penentuan sampel dengan mempertimbangkan hal-hal tertentu, jumlah nasabah pembiayaan 2.348 nasabah. Dengan jumlah sampel 100 orang responden. Dan dianalisis dengan regresi linier berganda dengan program SPSS versi 20. Hasil penelitian ini diambil simpulan sebagai berikut: Variabel brand image terdiri dari citra produsen, citra konsumen dan citra produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih pembiayaan di BMT Sahara Tulungagung, sebab nilai sig t (probability) < a = 0,05.  Dengan nilai sig F 0,00 < a = 0,05; dengan koefisien determinasi (R Square) = 73,2%. Dari ketiga faktor pada variabel brand image, citra produk lah yang mempunyai pengaruh paling dominan, karena memiliki standardized coefficients terbesar yaitu 5,069.