PENGARUH SYARIAH MARKETING TERHADAP MOTIVASI MENABUNG NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH DI BMT MASLAHAH CAPEM SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN

Abstract

Pemahaman karakteristik syariah marketing dan prinsip-prinsip syariah marketing menjadi pedoman bagi BMT Maslahah untuk menciptakan hubungan kemitraan antara BMT dengan nasabah yang dijalin secara terus menerus dalam usaha untuk meningkatan, menciptakan kepuasan, motivasi serta kepercayaan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana hubungan penerapan teori syariah marketing di BMT Maslahah Sidogiri Cabang pembantu Sukorejo dengan motivasi nasabah dalam memilih tabungan mudharabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan deskriptif, Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dan dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa secara umum variable independen (teistis, etis, realistis, dan humanistis) berpengaruh cukup signifikan sebesar 47,5%, hal ini menunjukan adanya pengaruh yang cukup berarti antara variabel independent (teistis, etis, realistis, dan humanistis) terhadap variable dependent (motivasi nasabah menabung pada tabungan mudharabah). Berdasarkan koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa 22,6% motivasi nasabah menabung pada tabungan mudharabah dipengaruhi oleh strategi syari'ah marketing, sedangkan sisanya 77,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dan tidak termasuk dalam analisa regresi ini. Dari data yang ada, terlihat motivasi nasabah menabung pada tabungan mudharabah BMT Maslahah cukup baik, oleh karena itu pihak BMT Maslahah harus terus mengadakan evaluasi terhadap tingkat kepentingan nasabah,dan juga harus selalu meningkatkan kemampuannya dalam menyediakan jasa yang dimilikinya sehingga nasabah memiliki loyalitas yang tinggi.