PENGARUH MEREK SYARIAH, PELAYANAN SYARIAH DAN PROSES SYARIAH TERHADAP CORPORATE IMAGE (SURVEI PADA NASABAH BANK SYARIAH KOTA PASURUAN)
Abstract
Perkembangan perbankan syariah di Indonesia semakin meningkat, pertumbuhan ini disebabkan karena mayoritas penduduk di Indonesia beragama islam. Seiring dengan meningkatnya jumlah perbankan syariah, persaingan antar bank pun semakin tajam,dengan demikian sebuah bank harus melakukan berbagai upaya untuk menjaga eksistensi dan citra perusahaan. Citra perusahaan perlu dipertahankan atau juga dikembangkan untuk menarik dan mempertahankan nasabah. Tujuan pada penelitian ini ada 3 yaitu: 1) mengetahui apakah merek syariah, pelayanan syariah dan proses syariah berpengaruh secara parsial terhadap corporate image , 2) mengetahui apakah merek syariah, pelayanan syariah, dan proses syariah berpengaruh secara simultan terhadap corporate image, 3) mengetahui variable mana yang paling dominan berpengaruh diantara merek syariah, pelayanan syariah dan proses syariah terhadap corporate image. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatory. Metode pengambilan data dengan teknik survai. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah nasabah pada Bank Syariah Di Kota Pasuruan dengan jumlah sampel 100 dan teknik pengambilan sampelnya adalah accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) merek syariah, pelayanan syariah dan proses syariah berpengaruh secara parsial terhadap corporate image, 2) merek syariah, pelayanan syariah, dan proses syariah berpengaruh secara simultan terhadap corporate image, 3) variable merek syariah merupakan variable yang paling dominan berpengaruh terhadap corporate image.