PENGARUH MEREK SYARIAH, PELAYANAN SYARIAH DAN PROSES SYARIAH TERHADAP CORPORATE IMAGE (SURVEI PADA NASABAH BANK SYARIAH KOTA PASURUAN)

Abstract

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia semakin meningkat, pertumbuhan ini disebabkan karena mayoritas penduduk di Indonesia beragama islam. Seiring dengan meningkatnya jumlah perbankan syariah, persaingan antar bank pun semakin tajam,dengan demikian sebuah bank harus melakukan berbagai upaya untuk menjaga eksistensi dan citra perusahaan. Citra perusahaan perlu dipertahankan atau juga dikembangkan untuk menarik dan mempertahankan nasabah.  Tujuan  pada  penelitian  ini  ada  3  yaitu: 1)  mengetahui apakah merek syariah, pelayanan syariah  dan proses syariah berpengaruh secara  parsial terhadap corporate image , 2) mengetahui apakah merek syariah, pelayanan syariah, dan proses syariah berpengaruh secara simultan terhadap corporate image, 3) mengetahui variable mana yang paling dominan berpengaruh  diantara merek syariah, pelayanan syariah dan proses syariah terhadap corporate image. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatory. Metode pengambilan  data  dengan  teknik  survai.  Populasi  dan  sampel  dalam  penelitian  ini  adalah  nasabah pada Bank Syariah Di Kota Pasuruan dengan  jumlah  sampel  100  dan  teknik  pengambilan  sampelnya  adalah accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan  adalah  Regresi Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) merek syariah, pelayanan syariah  dan proses syariah berpengaruh secara  parsial terhadap corporate image, 2) merek syariah, pelayanan syariah, dan proses syariah berpengaruh secara simultan terhadap corporate image, 3) variable merek syariah merupakan variable yang paling dominan berpengaruh terhadap corporate image.