Penerapan Konsep Etika Bisnis Islam pada Manajemen Perhotelan di PT. Syari’ah Guest House Malang

Abstract

Penerapan konsep etika bisnis dalam pengelolaan Hotel dewasa ini menjadi tren menarik di sektor industri perhotelan di Indonesia, sehingga penting kiranya menghadirkan penelitian yang mengupas penerapan konsep etika bisnis Islam, dan sistem pelaksanaan pada Manajemen Perhotelan di PT. Syari’ah Guest House Malang, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian mencoba hadir sebagai pengamat partisipan pada lokasi penelitian untuk menggali sumber data primer maupun sekunder, melalui cara observasi, wawancara, dokumentasi, sedangkan analisis dilaksanakan dengan data interaktif, dengan pengecekan keabshana data temuan melalui Triangulasi, dan bertahap, dalam penerapannya konsep etika bisnis Islam pada manajemen hotel di PT. Syari’ah Guest House Malang yang tercermin pada aktifitas bisnisnya, diantaranya yakni: Tauhid, Adil, Kebebasan, Tanggung Jawab, Ihsan, artinya tidak semata-mata keuntungan bisnis, namun nilai-nilai syari’at dijunjung tinggi.