MEMBUDAYAKAN IKLIM SEMANGAT BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Dalam membelajarkan anak didik di Sekolah Dasar, guru harus memiliki keyakinan mampu membudayakan iklim semangat belajar pada siswanya. Semangat dalam pengertian yang berkembang di masyarakat seringkali disamakan dengan motivasi. Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik). Penciptaan budaya yang mampu memberikan semangat belajar bagi siswa akan semakin memperkukuh karakter dan sifat “haus” siswa terhadap ilmu pengetahuan, yang mana muaranya bertujuan untuk mempersiapkan siswa SD menjadi seorang ilmuwan (cendikiawan) yang berwawasan luas dan berakhlaqul karimah sebagaimana amanah UU dan Pancasila