PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MIND MAPPING DAN PICTURE MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Abstract

AbstrakMind mapping dan picture mapping adalah salah satu media atau alat bantu pembelajaran, yang berfungsi untuk menggali kreativitas anak untuk berfikir tentang suatu materi. Mind mapping atau pemetaan pikiran dan picture mapping atau pemetaan melalui gambar, adalah salah satu pendekatan alat bantu dalam pembelajaran IPA, dan diharapkan setelah anak merasa bahwa belajar IPA itu adalah menyenangkan, mereka akan menyukainya, dan diharapkan hasil belajarnya akan meningkat. Alat peraga yang digunakan dalam penelitian ini adalah mind mapping dan picture mapping. Mind mapping sendiri adalah suatu penggambaran atau penuangan ide atau gagasan tentang sesuatu melalui kerangka alur berpikir dari konsep yang umum menuju yang khusus, sedangkan picture mapping sendiri adalah penggambaran ide atau gagasan tidak hanya dengan kata-kata tapi juga dikolaborasikan dengan gambar-gambar baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Pada penelitian ini pembelajaran IPA yang akan dipelajarai adalah materi ciri-ciri makhluk hidup. Penelitian yang membahas tentang “Pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping dan picture mapping terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar” ini merupakan penelitian eksperimen, untuk membuktikan sejauh mana pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Kata Kunci : inkuiri, mind mapping, picture mapping, hasil belajar