KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INDONESIA MELALUI KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN STRUKTUR PARAGRAF (Studi pada Mahasiswa Jurusan Matematika Semester Genap Angkatan Tahun 2015 Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung)

Abstract

Abstrak Pelaksanaan pembelajaran kemampuan mengembangkan struktur paragraf yang menekankan pada terampil berlatih dapat menghasilkan mahasiswa yang mempunyai motivasitinggi sesuai hasil ketercapainya dari kegiatan keterampilan menulis bahasa Indonesia yang baik dan benar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh hasil proses pembelajaran sebagai berikut: (1) adanya peningkatan hasil belajar terhadap materi pembalajaran jika dilihat dari kondisi awal, hasil pembelajaran pada siklus 1 yang mencapai 52% dan pembelajaran dalam siklus 2 semakin meningkat dapat mencapai ketuntasan pembelajaran hingga mencapai 82%. Ketuntasan/kelulusan ini dapat dicapai karena dari sifat mengulang dalam proses pembelajarannya atau dikenal tindakan kelas berbentuk siklus, sehingga peserta didik akan mendapatkan kemudahan dan cepat dalam menguasai materi; (2) Peserta didik aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan lebih mudah dalam menguasai materi. Kata kunci: Bahasa Indonesia, keterampilan menulis, struktur paragraf.