HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2016/2017

Abstract

Abstrakย Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan diย  Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung, bulan Agustus sampai dengan September 2016. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung sebanyak 78 siswa. Sampel penelitian sebanyak 65 siswa yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen terdiri dari tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman. Angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi sederhana. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi dengan taraf signifikan 5%. Dengan ๐‘Ÿโ„Ž๐‘–t๐‘ข๐‘›๐‘”>๐‘Ÿ๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ atau 0,653 > 0,250, dengan demikian Ha diterima. Ini berarti bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemampuan membaca pemahaman sebesar 0,653 dan sumbangan efektifnya sebesar 42,6%. ย Kata kunci: Motivasi belajar, membaca pemahaman.ย