KONTRIBUSI INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MINI ZOO MATA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kontribusi interaksi guru siswa dan proses pembelajaran IPA menggunakan alat peraga baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga mini zoo. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan correlational research berjumlah 210 orang. Teknik sampling dengan stratified proportional random sampling dengan sampel penelitian berjumlah 30 orang, Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) terdapat kontribusi positif antara guru-siswa sebesar 0,484 terhadap hasil belajar. (2) ada hubungan positif antara proses pembelajaran sebesar 0,447 terhadap hasil belajar. (3) ada hubungan positif sebesar 0,539 diantara guru siswa dan proses pembelajaran bersama-sama terhadap hasil belajar. Hasilnya membuktikan bahwa motivasi belajar dan metode pembelajaran baik secara bersama-sama atau individu mempunyai kontribusi positif yang signifikan terhadap hasil belajar dengan menggunakan alat peraga mini zoo.