SIKAP GURU KEPADA MURID (Membedah Kompetensi Sosial Sebagai Salah Satu Kompetensi Guru)
Abstract
Guru dan murid, dalam aktivitas pendidikan, sama-sama memiliki posisi yang strategis. Guru dengan murid dalam proses pendidikan memiliki sifat interdependensi. Guru butuh partisipasi murid dalam mengamalkan dan mengembangkan ilmunya. Murid membutuhkan bantuan guru untuk mengarahkan proses pertumbuhan dan perkembangannya. Keberhasilan atau kegagalan suatu pendidikan tidak akan terlepas dari kontribusi didalamnya. Ada keterkaitan erat antara mutu atau kualitas guru dengan keberhasilan atau kegagalan pendidikan. Bila standar mutu guru baik maka pendidikan akan berhasil baik. Begitu juga sebaliknya. Standar kualitas yang dituntut dari seorang guru itu tidak hanya aspek fisik-material saja tetapi juga menyangkut aspek mental-spiritual dan intelektual. Diantara standar kualitas guru adalah dimensi kompetensinya. Ada empat macam kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Di sekolah atau di luar sekolah, guru-guru akan selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan dengan murid-muridnya Bagaimanakah guru seharusnya bersikap dan berkomunikasi kepada murid-muridnya terutama ketika dalam proses belajar-mengajar? Topik ini memiliki keterkaitan erat dengan kompetensi sosial seorang guru. Dengan kajian kepustakaan, topik ini akan dicoba untuk dibahas melalui analisis reflektif.