PENGARUH STRATEGI PAIKEM DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA SISWA KELAS V SDN 2 PERUMNAS WAY HALIM KEC. KEDATON BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Abstract

Permasalahan penelitian ini berkaitan lemahnya kemampuan (kompetensi) menulis cerita siswa, dikarenakan minat baca rendah dan strategi pembelajaran masih bersifat konvensional. Strategi pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), substansi aplikasinya menempatkan siswa sebagai subjek utama belajar. Melalui penelitian secara mendalam mengenai variabel strategi PAIKEM dan minat baca siswa, maka ingin dibuktikan efektifitas strategi PAIKEM dibandingkan dengan strategi konvensional pada siswa yang memiliki minat baca tinggi siswa dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat baca rendah terhadap kemampuan menulis cerita di Kelas V SDN 2 Perumnas Way Halim Kec. Kedaton Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif  dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Rancangan/desain eksperimen menggunakan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD SDN 2 Perumnas Way Halim dan pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Varibel terikat adalah kemampuan menulis cerita dan variabel bebasnya, meliputi: strategi pembelajaran (A) dan minat baca (B). Strategi pembelajaran dibedakan antara strategi PAIKEM (A1) dan strategi konvensional (A2), sedangkan minat baca dibedakan antara  minat baca tinggi (B1) dan minat baca rendah (B2). Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis diterapkan uji normalitas dan homogenitas, selanjutnya data dianalisis dengan teknik ANAVA (Analysis of Variance) dua jalur dengan menggunakan taraf signifikansi α = 0,05 (5%). Kesimpulan penelitian adalah: (1) Terdapat pengaruh kemampuan menulis cerita antara siswa yang diajar dengan strategi PAIKEM dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi konvensional, (2) Terdapat pengaruh kemampuan menulis cerita antara siswa yang memiliki minat baca yang tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat baca yang rendah di Kelas V. (3) Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara strategi PAIKEM dan minat baca terhadap kemampuan menulis cerita di Kelas V.