IMPLEMENTASI PROGRAM BILINGUAL SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK DI SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA

Abstract

Kebutuhan akan pentingnya pengembangan bahasa asing sebagai bahasa pengantar selain bahasa Indonesia ini dituliskan pada UU Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan dalam pasal 29 ayat 2 yang berbunyi “Bahasa pengantar dapat menggunakan bahasa asing untuk tujuan yang mendukung kemampuan bahasa asing peserta didik”. Penerapan program bilingual school yang diterapkan di SD INTIS School Yogyakarta dibahas dalam lima aspek, yakni staffing, educator recruitment, educator certification, staff development, dan curriculum development. Hampir semua aspek yang dibahas sudah terpenuhi pelaksanaannya di SD INTIS School Yogyakarta. Program-program pengembangan untuk edukator dibahas dalam aspek staff development sudah bisa dikatakan membantu (meskipun belum optimal) untuk memenuhi tuntutan komunikasi berbahasa Inggris di sekolah. Adapun kegiatan berbasis bilingual yang diterapkan untuk peserta didik dibahas dalam aspek curriculum development, yakni berupa kegiatan flash card, penggunaan buku saku, recitation, kultum bahasa Ingris, hunting tourist, native visit, market day, day english day. Kata kunci: Bilingual, bahasa, kecerdasan linguistik