ANALISIS DAMPAK BRAND LOYALTY, BRAND AWARENESS, PERCEIVED QUALITY DAN BRAND ASSOCIATION TERHADAP CUSTOMER VALUE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN TULUNGAGUNG

Abstract

<p>Abstrak</p> <p> </p> <p> </p> <p>Kata kunci: <em>Brand Loyalty, Brand Awareness, Perceived Quality,</em> <em>Brand Association </em>,<em>Customer Value</em></p> <p>Abstraksi: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji: (1) dampak <em>brand loyalty</em> terhadap <em>customer value </em> pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung; (2) dampak <em>brand awareness</em> terhadap <em>customer value </em> pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung; (3) dampak<em> perceived quality </em>terhadap <em>customer value </em> pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung; (4) dampak<em> brand association</em> terhadap <em>customer value </em> pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung dan dampak secara simultan <em>brand loyalty, brand awareness, perceived quality </em>dan <em>brand association</em> terhadap <em>customer value </em> pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung. Awal mula penelitian ini berasal dari variabel kesetiaan merek, kesadaran merek, kesan  berkualitas dan asosiasi merek diharapkan mampu meningkatkan nilai pelanggan. Hal ini karena pandangan  tentang perguruan tinggi merupakan pembahasan yang sangat luas agar bisa menjadi sumbangsih bagi mahasiswa agar merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.</p> <p>Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif berjenis <em>eksplanotry research</em>,  dengan tipe hubungan kausalitas pada variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sampel non probabalitas yaitu sesuai pertimbangan-pertimbang tertentu, dengan tidak memberikan peluang yang sama terhadap anggota populasi untuk menjadi sampel. Sampel yang  diambil mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Akuntansi Syariah dan Manajemen Zakat dan Wakaf berjumlah 359 responden berdasar perhitungan Slovin.  Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 21.</p> <p>Hasil perhitungan regresi linier berganda menyajikan bahwa semua hipotesis, yaitu:  <em>brand loyalty, brand awareness, perceived quality </em>dan <em>brand associatio</em><em>n </em>baik secara parsial maupun simultan mempunyai dampak yang signifikan terhadap <em>customer value</em>. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pada pembahasan, maka direkomendasikan: (1) perlu perhatian khusus terkait tempat kuliah yang nyaman, failitas fisik perkuliahan seperti LCD yang baik, staf administrasi yang selalu memberikan pelayanan sepenuh hati pada mahasiswa dan  silabus perkuliahan yang selalu mengikuti perkembangan jaman atau yang diperlukan oleh dunia kerja; (2) menambah intensitas promosi atau berkampanye baik melalui iklan di media cetak maupun <em>online</em> dengan sering melakukan kegiatan <em>sponsorship</em> yang berkaitan dengan pendidikan,  seperti seminar  tentang pendidikan, olahraga dan seni; (3) peningkatan kedisiplinan staf dengan tidak meninggalkan ruang pelayanan administratif saat jam-jam kerja dan (4) tetap bisa mempertahankan mahasiswa yang ada, sebaiknya kualitas pelayanan di tingkatkan dan dijaga.</p>