Pendidikan Kewirausahaan melalui Project Based Learning untuk Kelas 3 SDN Kareng Kidul Kec. Wonomerto Kab. Probolinggo
Abstract
Indonesia membutuhkan lebih banyak pengusaha untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita sebagaimana negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang. Salah satu upayanya dengan meningkatkan pengusaha melalui pendidikan kewirausahaan sejak dini. Penelitian ini dilakukan untuk mencari cara untuk menginternalisasi sifat-sifat pengusaha kepada siswa kelas 3 SDN Kareng Kidul, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman kewirausahaan dan peningkatan jumlah anak yang terinternalisasi sifat-sifat pengusaha melalui model pembelajaran PjBL sampai ada tataran siswa mengubah cita-citanya menjadi pengusaha