PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN JANTOK I KECAMATAN PURWOASRI KABUPATEN KEDIRI

Abstract

Abstrak: Kemampuan dalam menuturkan bahasa lisan dapat dilaksanakan secara langsung dengan mengucapkan atau menirukan ucapan atau percakapan orang lain tretapi perlu mempelajari kaidah­kaidah bahasa tulis sehingga mengetahui maksud, tujuan dan pesan dari bahasa tulis tersebut. Oleh karena itu kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia perlu ditingkatkan secara terus menerus. Dalam proses pembelajaran memenuhi standart kompetensi. Adapun rumusan masalah dari latar belakang masalah diatas adalah: 1) Bagaimana kemampuan menulis Bahasa Indonesia siswa Klas V Semester I SDN Jantok I Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri? 2) Bagaimana cara meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Indonesia: siswa Klas V Semester I SDN Jantok I Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri? 3) Apakah ada peningkatan kemampuan menulis Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode berbasis kompetensi pada siswa Klas V SDN Jantok I Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri? Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan sebagaimana diuraikan dimuka maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Pada tahap awal sebagian besar siswa Klas V SDN Jantok I Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri kemampuan menulis Bahasa Indonesia rendah. Ternyata cara yang paling tepat dalam meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Indonesia yaitu mengadakan pembelajaran Siklus berdaur dengan menggunakan metode pemberian tugas. Terbukti pembelajaran siklus berdaur dengan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Indonesia.   Kata kunci: pemberian tugas, menulis, bahasa Indonesia