PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) RINGAN MELALUI PEMBELAJARAAN KOOPERATIF SETTING INKLUSIF

Abstract

Abstrak: Salah satu masalah yang dihadapi dalam pendidikan di sekolah dasar adalah adanya kecenderungan memberikan layanan pendidikan kepada anak berkebutuhan khusus (ABK) ringan kurang maksimal. Padahal ABK tersebut mempunyai hak sama dengan anak pada umumnya dalam hal memperoleh layanan pendidikan dan kemampuan mereka dapat dikembangkan secara maksimal untuk menguasai materi pembelajaran melalui perbaikan pembelajaran dalam setting pembelajaran inklusi. Beranjak dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar pengukuran anak berkebutuhan khusus ringan melalui pembelajaran dalam setting inklusi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 2 sampai dengan 9 Oktober 2013 di SDN Ketami 1 Kota Kediri dengan subjek penelitian sebanyak 38 anak. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulannya melalui observasi.Teknik analisa data yang digunakan yaitu anak kualitatif dan kwantitatif.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil tindakan siklus I menunjukkan kemampuan pengukuran pada anak berkebutuhan khusus sejumlah 14, 28 %  anak dengan hasil  baik, 42,85 %  anak dengan hasil  sedang dan 42,85 % anak dengan hasil  kurang. Selanjutnya pada tindakan siklus II mengalami peningkatan kemampuan belajar pengukuran dengan hasil 57, 12 % anak dengan hasil baik, 28,56 %  anak dengan hasil sedang dan 14,28 % anak dengan hasil kurang.  Dengan terselesaikannya penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dalam setting inklusi dapat meningkatkan hasil belajar pengukuran anak berkebutuhan khusus (ABK) ringan Kelas VI SD Negeri Ketami 1 Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Berdasarkan temuan-temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dalam setting inklusi relevan dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus, dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar, dan memiliki tingkat keefektifan yang signifikan dalam membantu anak berkebutuhan khusus mencapai kemampuan belajar pengukuran. Maka dengan demikian model pembelajaran kooperatif dalam setting inklusi juga memiliki kelayakan untuk dikembangkan pada sekolah dasar yang terdapat anak berkebutuhan khusus. Kata kunci: pengukuran, anak berkebutuhan khusus, kooperatif, inklusi