PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN SOSIAL ANAK DALAM BEKERJASAMA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 DI TK KREATIF ZAID BIN TSABIT KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian bahwa ketrampilan sosial anak dalam bekerjasama di TK Kreatif Zaid Bin Tsabit kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan sosial anak dalam bekerjasamapada anak didik kelompok B2 di TK Kreatif Zaid Bin Tsabit. Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan di TK Kreatif Zaid Bin Tsabit Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan adalah meningkatnya ketrampilan sosial anak dalam bekerjasama lebih dari 75%. Hasil penelitian siklus I di peroleh kemampuan ketrampilan sosialanak dalam bekerjasama dalam membuat kendaraan bis adalah 58,75% dengan kategori sangat kurang, kemudian dilanjutkan pada siklus ke II dan hasil penelitian meningkat menjadi sebesar 71,25% dengan kategori cukup. Untuk lebih memaksimalkan ketrampilan sosial anak dalam bekerjasama melalui metode proyek, peneliti melanjutkan perbaikan ke siklus III dengan peningkatan yang baik yaitu 85%. Berdasarkan dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa dengan metode proyek dapat meningkatkan ketrampilan sosial anak dalam bekerjasama dan juga meningkatkan kinerja guru. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disarankan untuk menggunakan metode proyek dalam memberikan pembelajaran terutama untuk meningkatkan ketrampilan sosial anak dalam bekerjasama pada anak usia dini. Kata kunci: metode proyek, ketrampilan sosial, kerjasama, anak TK