PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING

Abstract

ABSTRAK : Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, siklus I dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan, sedangkan siklus III terdiri dari dua kali pertemuan, Penelitian ini di laksanakan di SMPN 2 Rejotangan, Tulungagung tahun pelajaran 2014-2015 yang terdiri dari tiga siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 22 anak, terdiri dari 15 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Waktu yang digunakan peneliti adalah pada pertengahan bulan Januari s.d. minggu ketiga bulan Februari 2015. Hasil penelitian dari setiap siklus menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari 54,5 % pada siklus I, meningkat menjadi 77,3% pada siklus II, dan 90,9 pada siklus III. Kata kunci : Garis singgung lingkaran, Problem solving, Prestasi belajar