MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV DALAM MENENTUKAN HASIL PERKALIAN SUATU BILANGAN DENGAN SATU ANGKA MELALUI METODE PEMBIASAAN PERKALIAN SATU ANGKA

Abstract

ABSTRAK: Tujuan dari penelitian adalah meningkatkan keterampilan siswa dalam menentukan hasil perkalian suatu bilangan dengan satu angka melalui metode pembiasaan perkalian satu angka. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas Hasil penelitian menunjukkan, siklus I keterampilan anak dalam menentukan hasil perkalian sebanyak 20 % hasilnya baik. 50% dengan hasil sedang, sisanya 30% dengan hasil kurang. Pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 80 % dengan hasil baik, 15 % dengan hasil sedang, dan 5 % dengan hasil kurang. Simpulan penelitian ini adalah Metode Pembiasaan Perkalian Satu Angka dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menentukan hasil perkalian suatu bilangan dengan satu angka siswa kelas IV SDN Bandar Lor 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Kata kunci : keterampilan, hasil perkalian, metode pembiasaan.