MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II PADA MATERI MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG YANG DIDENGARKAN MELALUI KEGIATAN KOMIDI PUTAR DISKUSI
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini meningkatkan ketrampilan berbicara siswa dalam menceritakan kembali isi dongeng. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas, adalah penelitian yang bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan siklus I hari, tanggal : Rabu, 4 Maret 2015 dan siklus II hari, tanggal : Rabu, 11 Maret 2015. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, unjuk kerja. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisa kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai. Siklus I terdapat 16, 66% yang tergolong kategori sangat baik, 27, 77% kategori baik. Untuk kategori sedang dan kurang terdapat 16,66%. Kategori sangat kurang 22, 22%. Pada siklus II terdapat 27,77% kategori sangat baik, pada kategori baik terjadi peningkatan menjadi 47, 22%. Untuk kategori sedang 19,44% dan 5,55% kategori kurang. Dapat disimpulkan kegiatan komidi putar diskusiĀ meningkatkan keterampilan siswa Kata kunci : Keterampilan berbicara, dongeng, komidi putar diskusi