UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR TENIS MEJA MELALUI MEDIA DINDING PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 1 KRADENAN KEC. KRADENAN KAB. GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan keaktifan dan hasil belajar tenis meja pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kradenan Tahun Pelajaran 2015 / 2016 melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kradenan Tahun Pelajaran 2015 / 2016 berjumlah 27 siswa, terdiri atas 19 siswa putra dan 8 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes kemampuan, dan penelitian hasil belajar Bermain Tenis Meja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara statistic deskriptifkualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran, dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar tenis meja pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kradenan. Dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 55% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tenis meja melalui media dinding dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SD Negeri 1 kradenan Kabupaten Grobogan. Kata kunci : Keaktifan, hasil belajar tenis meja, media dinding.