Strategi Pembelajaran Learning Tournament

Abstract

  Tidak tercapainya kriteria kelulusan minimal (KKM)pada mata pelajaran merupakan problem bersama antara guru dengan para siswa oleh karena itu diperlukan upaya sistematis untuk meningkatkan nilai melalui usaha strategi pembelajaran yang lebih baik. Dalam studi ini peneliti menerapkan strategi pembelajaran learning tournament untuk meningkatkan nilai mata pelajaran geografi materi peta di SMA Negerti 7 Kota Kediri. Penelitian tindakan kelas telah dilakukan untuk membuktikan bahwa strategi pembelajaran learning tournament mampu meningkatkan nilai mata pelajaran geografi peta siswa SMA Negeri 7 Kota Kediri. Berdasarkan data penelitian terlihat bahwa pada prasiklus terdapat 54% (21) siswa tuntas KKM. Kemudian, pada siklus I terdapat 71% (27) siswa tuntas KKM.Kemudian, pada siklus II terdapat 84% (32) siswa tuntas KKM. Keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus II, yaitu 82% siswa tuntas KKM atau lebih dari 75% siswa tuntas KKM.