UKURAN PASAR (Market Size) DAN INVESTASI ASING LANGSUNG DI ASEAN

Abstract

  Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh beberapa variabel ekonomi yang meliputi ukuran pasar yang diproxy dengan Pendapatan Perkapita, Pertumbuhan Ekonomi, dan Ekspor terhadap Investasi Asing Langsung di kawasan negara-negara anggota ASEAN-9. Alat analisis yang dipakai adalah Regresi Berganda Kuadrat Terkecil (Ordinary Least Square)dan Data Panel. Di dalam Data Panel akan dicari persamaan dalam Effek Tetap (Fixed Effect) dan Effek Random (Random Effect). Hasil analisis adalah Berdasarkan analisis metode OLS disimpulkan bahwa variabel ukuran pasar (market size) yang diproxy dengan Pendapatan Perkapita (GDPP), Pertumbuhan Ekonomi (EG),dan Ekspor (EG) berpengaruh signifikan terhadap Investasi  Asing Langsung. Berdasarkan analisis Panel Data dengan Metode Fixed Effect disimpulkan bahwa variabel ukuran pasar (market size) yang diproxy dengan Pendapatan Perkapita (GDP), Pertumbuhan Ekonomi (EG), dan Ekspor (EG) berpengaruh signifikan terhadap Investasi  Asing Langsung. Berdasarkan analisis Panel Data dengan metode Random Effect disimpulkan bahwa variabel ukuran pasar (market size) yang diproxy dengan Pendapatan Perkapita (GDP), Pertumbuhan Ekonomi (EG), dan Ekspor (EG) berpengaruh signifikan terhadap Investasi  Asing Langsung.