UPAYA MENINGKATKAN KESIAPAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI MEDIA “SOCIOLOGY EXPRESSION POCKET” SISWA KELAS XI IPS-1 DI SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

Abstract

  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa masih menganggap Sosiologi  merupakan pelajaran yang membosankan dan kurang menarik. Dengan anggapan tersebut menyebabkan kurangnya minat belajar Sosiologi dan mengakibatkan hasil belajar rendah. Disamping itu,  guru dalam melakukan pembelajaran di kelas masih banyak hanya sebatas menyampaikan informasi (materi konsep). Hal ini ditunjang dengan model pembelajaran guru kurang menarik, kurang menyenangkan siswa. Agar menarik minat dan guru dapat mengetahui kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran, maka digunakannya media yang diberi nama “Sociology Expression Pocket”. Tujuan penelitian ini adalah; (1) merancang, membuat dan menerapkan media “Sociology Expression Pocket” pada kegiatan pembelajaran Sosiologi untuk mengetahui kesiapan yang dimiliki siswa secara langsung sebelum menerima pembelajaran yang akan diberikan guru, sehingga guru dapat mengambil langkah yang strategis pada proses pembelajaran agar yang akan disampaikan mudah diterima siswa (2) mengetahui peningkatan kesiapan menerima pembelajaran Sosiologi (3) mengetahui efektivitas media tersebut dalam rangka peningkatan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa dengan menggunakan media “Sociology Expression Pocket”  maka: (a) kesiapan belajar lebih baik dan terjadi peningkatan prestasi belajar siswa, pada siklus ke-1 diperoleh rerata = 55,21 dan pada siklus ke-2 diperoleh rerata = 80,46 (b) dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa, yaitu pada siklus ke-l = 59% dan pada siklus ke-2 =  92,5%.