LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAMI DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 10 BOGOR
Abstract
Lingkungan pendidikan islami dan hubungannya dengan minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Bogor.Penelitian bertujuan untuk mengetahui Lingkungan pendidikan islami dan hubungannya dengan minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 bogor. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 yang berjumlah 295, dan yang dijadikan sampel berjumlah 45 siswa.Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan kuesioner sebagai instrumen, pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi, Analisis data menggunakan analisis statistik Pearson Correlation.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan positif antara variabel lingkungan pendidikan islami dan variabel minat belajar Pendidikan Agama Islam dihitung dengan Pearson Correlation, dan diperoleh nilai koefisien korelasi antara variabel tersebut sebesar 0.770. Nilai koefisien determinasi dalam analisis ini diperoleh nilai 0,541 yang berarti 59,3 % variabel minat belajar Pendidikan Agama Islam bisa dijelaskan dari variabel lingkungan pendidikan islami.Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa lingkungan pendidikan islami (X1) memiliki hubungan dengan minat belajar Pendidikan Agama Islam (Y) siswa SMA Negeri 10 Bogor. Keywords : lingkungan, pendidikan islami, minat belajar, PAI