MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN SMPIT NURUL ISLAM Tengaran-Kabupaten Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripkan, menganalisis, dan menyimpulkan model manajemen pendidikan pada SMPIT Nurul Islam Tengaran Kabupaen Semarang. Manajemen pendidikan yang diimplementasikan pada SMPIT Nurul Islam Tengaran dapat dipahami sebagai manajemen modern. Maksudnya manajemen yang diberlakukan bukan lagi sentralistik, kharismatik atau bahkan bukan manajemen one man one show sebagaimana pada kebanyakan lembaga pendidikan swasta agama Islam. Hal itu dapat diketahui dari komponen manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan) yang diterapkan. Selain itu implementasi manajemen sudah di dasarkan melalui proses analisis lingkungan strategis, analisis pendidikan dewasa ini, berpijak pada visi, misi, tujuan sekolah, mempunyai program stategis, terdapat strategi pelaksanaan/pencapaian, dan hasil yang diharapkan.Pelaksanaan pendidikan boarding school (ma’had) pada SMPIT Nurul Islam adalah dalam rangka membekali para santri/peserta didik dengan kultur kepesantrenan, yaitu pendalaman ilmu agama, mondok, kepatuhan (ta’at), keteladanan, kesalehan, kemandirian, kedisiplinan, kesederhanaan, toleransi (tasamuh), rendah hati, ketabahan, dan kesetiakawanan.