PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN RANAH AFEKTIF MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian ranah afektif mata pelajaran Aqidah Akhlak dan menyusun panduan tentang instrumen penilaian ranah afektif yang teruji valid dan reliabel. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah R and D dengan mengadaptasi prosedur pengembangan dari Borg dan Gall tanpa tahapan yang terakhir, yaitu diseminasi dan implementasi. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif, yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji generalisabilitas antar rater. Pengembangan instrumen menghasilkan sebuah produk yang berupa buku Panduan Instrumen Penilaian Afektif. Buku panduan memuat instrumen angket skala sikap, instrumen observasi, dan instrumen wawancara. Hasil uji empiris di lapangan menghasilkan item- item pernyataan yang valid dan mempunyai tingkat reliabilitas yang tinggi. Buku panduan dapat dimanfaatkan oleh guru dalam melakukan penilaian afektif yang lebih obyektif dan komprehensif sehingga menghasilkan penilaian yang lebih bermakna. Kata kunci: instrumen penilaian; penilaian afektif; aqidah akhlak.